seagames

Tahun 2018 Asian Games secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia yang ke-18. Asian Games adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018, di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) berpartisipasi khususnya di cabang olah raga berkuda yaitu Polo Berkuda, Gymkhana Berkuda, Equestrian/ketangkasan berkuda, Tunggang Serasi, Lompat Rintangan, Trilomba dan Endurance. Dengan mengambil sejumlah langkah dan ikut andil untuk menjamin kesehatan kuda disekitar area Jabodetabek dalam rangka mendapatkan Self declaration Equine Disease Free Zone (EDFZ) oleh OIE. Kuda peserta Asian Games ke 18 tahun 2018 asal luar negeri hingga akhir Juli, tercatat ada 130 kuda dari 17 negara yang akan bertanding.

Laboratorium BSL-3 untuk memeriksa kesehatan kuda dan mendapatkan EDFZ, peran dari Laboratorium Biosafety Level 3 (BSL-3) sangat krusial. Di BSL3 uji laboratorium kesehatan kuda dilakukan untuk memastikan bahwa kuda tersebut terbebas dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit eksotis sesuai dengan yang dipersyaratkan sebelum masuk ke Indonesia. Tidak hanya terbatas pada penyakit kuda di atas, namun penelitian penyakit hewan berbahaya lainnya seperti Nipah, Japanese Encephalitis, Rabies, Antraks, Ebola, maupun Avian Influenza membutuhkan laboratorium dengan tingkat keamanan tinggi. Pengujian tersebut memanfaatkan BSL3 yang dimiliki dan dikelola Balai Besar Penelitian Veteriner (BB Litvet) yaitu salah satu unit Pelaksana Teknis (UPT) Balitbangtan yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. (Uka)

Sumber : (BALITBANGTAN)

 

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis :
    8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat :
    12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat :
    8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat :
    11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us