JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Aneka Olahkan Produk Balitbangtan Meriahkan Gelar Pangan Nusantara 2018

Gelar Pangan Nusantara hadir kembali untuk ketiga kalinya diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, sebagai ajang untuk menunjukan kekuatan aneka ragam pangan segar dan olahan berbahan baku lokal dari seluruh penjuru nusantara. Acara akan berlangsung pada 27 – 29 Juli 2018.

Sektetaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro resmi membuka Gelar Pangan Nusantara dalam sambutannya event ini mengusung tema “Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global”. Dengan melibatkan semua kalangan, instansi ketahanan pangan dari 34 provinsi dan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, pelaku usaha, pemerhati pangan lokal, dan swasta, yang mendukung pengembangan pangan lokal.

GPN  menampilkan keanekaragaman pangan nusantara, baik dalam bentuk segar maupun olahan, dari sumber daya lokal di Indonesia, terutama aneka makanan khas masing-masing daerah. Selain itu, menampilkan juga hasil pemberdayaan masyarakat terkait upaya penganekaragaman pangan di daerah.

Balitbangtan turut memeriahkan event tersebut dengan menampilkan aneka olahan produk hasil penelitian diantaranya berupa bahan olahan sagu : mie sagu, pati sagu, pati sagu, gula cair sagu, bahan olahan dari kedelai : tempe, tahu, susu kedelai, minuman kacang kedelai dan aneka tepung tepungan.

Produk unggulan lainnya yang mencuri perhatian pengunjung yaitu keripik kentang chidori dari bahan baku kentang varietas medians dengan rasa yang renyah kres kres dibuat tanpa bahan msg membuat pengunjung makin ketagihan untuk mencicipinya, buah jeruk lokal dari Kota Batu yaitu Batu 55, Garut, Keprok dengan ukuran ideal, tebal dagingnya, manis rasanya segar ditenggorokan yang menurut salah satu pengunjung produk ini jarang terlihat di supermaket. Pepaya merah delima yang memiliki rasa sangat panis di lidah pengunjung berbeda dengan pepaya lainnya.

Terakhir praktek pembuatan Smoothie adalah minuman berbahan baku buah-buahan dan sayuran, yang membuat rasa heran pengunjung bahwa olahan daun sawi/pakcoy dengan tape dicampur krim dapat menghasilkan rasa alpukat dan daun kelor dapat berubah rasaenjadi grenn tea.

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan