JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Optimis Indonesia Jadi Eksportir Cabai, Puslitbang Hortikultura Dorong Perbenihan Cabai Ciamis

 
 
Tercapainya swasembada cabai pada tahun 2017 nampaknya semakin membakar optimisme Puslitbang Hortikultura untuk menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir cabai dunia. Pasalnya, Puslitbang Hortikultura semakin gencar mendorong penangkar benih cabai di Kabupaten Ciamis untuk mampu menghasilkan benih berkualitas dengan kuantitas yang mampu memenuhi permintaan pasar.  Salah satu benih cabai unggulan yang ditangkarkan di Kabupaten Ciamis adalah jenis open pollinated (OP) Varietas Kencana. Varietas Kencana sendiri merupakan varietas besutan Balai Penelitian Sayuran yang telah mulai merambah pasaran semenjak enam tahun lalu.
 
Kebanyakan petani dan penangkar di Kabupaten Ciamis, memang membudidayakan dan menangkarkan cabai Varietas Kencana. Hal ini dikarenakan daya tahannya terhadap OPT dan cuaca, produktivitasnya yang tinggi, daya kecambah yang baik, serta waktu simpan benih yang bisa dikatakan cukup lama, yaitu dua tahun. Dibandingkan varietas lain, Kencana memiliki umur panen yang relatif lebih singkat, yaitu 80 hingga 85 hari.
 
 
Sumber : Puslitbang Hortikultura
   
Dalam satu musim tanam, Kelompok Penangkar Singasari di Kabupaten Ciamis mampu menghasilkan setidaknya 100 kg benih cabai untuk Varietas Kencana sendiri. Akan tetapi, jumlah ini diakui masih kurang untuk mampu menutupi kebutuhan pasar. “Kita akan kawal terus perbenihan cabai ini. Saya dan tentunya kita semua optimis Indonesia bisa jadi eksportir cabai ke depannya,” pungkas Dr. Idha Widi Arsanti, Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian di akhir kunjungannya ke Kelompok Penangkar Singasari. (IMNS/BF)
 

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan