BOGOR – Balitbangtan kembali meluncurkan hasil inovasi teknologi termutakhirnya yaitu SI MANTAP. SI MANTAP yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pemantauan Tanaman Pertanian ini dikembangkan melalui sinergi dengaan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri seperti LAPAN, BPPT, IPB hingga JAXA-Japan, CSA-Canada dan NASA.

“SI MANTAP ini merupakan layanan berbasis penginderaan jauh yang menyajikan informasi secara dinamis untuk tanaman padi, jagung, tebu, cabai dan bawang merah” sebut Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir dalam launching SI MANTAP di Bogor, Selasa (21/11/2017).

Data penginderaaan jauh ini berbentuk spasial (peta), tabular dan grafik yang akan menunjukkan fase perkembangan tanaman sehingga dapat menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan. Melalui sistem informasi ini dapat membantu sistem pertanian menjadi lebih efektif dan efisien. “Efisiensi penggunaan pupuk, dapat memantau waktu panen, serta memudahkan pemantauan jika terjadi kekeringan atau banjir” sebut Kepala Balitbangtan.

Kepala Balitbangtan menambahkan bahwa produk sistem informasi ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak dan berbagai kepentingan. “SI MANTAP dapat membantu untuk pengambilan keputusan, baik pemerintah, industri maupun asuransi dalam melindungi petani” lanjut Kepala Balitbangtan.

Kepala Unit Usaha Pertanian dan Mikro PT. Jasindo Ika Dwinita Sofa menegaskan peran penting adanya SI MANTAP yang dinilai mampu memudahkan kinerja Jasindo dalam memantau serta melacak lahan pertanian yang diklaim. “Kami melihat banyak fitur dari SI MANTAP ini yang bisa kami manfaatkan untuk meningkatkan efisiensi proses dan efisiensi sumberdaya” ujar Ika.

SI MANTAP ini menggunakan model standing crop yang telah dikembangkan sejak tahun 1997 dan masih terus dikembangkan hingga saat ini untuk tanaman padi dan komoditas lainnya seperti jagung, tebu, kelapa sawit, bawang merah, cabai, dan lain-lain.(Ybh)

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis :
    8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat :
    12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat :
    8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat :
    11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us