JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Siapkan Benih TSS dengan Mesin Pemisahan Biji Bawang Merah

Teknologi menanam bawang merah dengan biji saat ini menjadi salah satu alternatif bagi petani. Selain mahalnya biaya pengiriman, permasalahan lainnya adalah untuk memproduksi umbi bawang merah sangat tergantung musim, sedangka masa simpan benih bawang merah hanya tiga bulan.

Upaya memenuhi kebutuhan benih dalam pengembangan bawang merah, Balitbangtan telah menghasilkan inovasi benih botani atau True Shallot Seed (TSS).

Keunggulaninovasi TSS antara lain produktivitas tanaman meningkat karena tidak atau lebih sedikit membawa penyakit tular benih seperti virus dari pada umbi bibit, tidak ada dormansi dan daya simpan lebih lama (2 tahun), kebutuhan benih lebih sedikit (57 kg/ha) sehingga biaya benih murah, serta penyimpanan dan distribusi lebih mudah.

Salah satu permasalahan dalam penyiapan benih bawang merah adalah perlunya teknologi untuk memisahkan benih bawah merah dari katupnya, karena selama ini petani masih menggunakan cara tradisional, sehingga membutuhkan waktu lama.

Mesin Pemisah Bawah Merah adalah salah satu solusinya. Mesin ini mempunyai cara kerja dengan cara menghancurkan katub bunga bawang merah, setelah dikeringkan terlebih dahulu mencapai kadar air 9%. Setelah dihancurkan maka biji bunga bawang merah dan kotorannya akan terpisah.

Mesin Pemisahan Biji Bawang Merah ini sangat cocok untuk solusi menyiapkan benih bawang merah yang berasal dari biji bunga bawang merah, serta dapat digunakan untuk komoditi lainnya yang serupa.

Selain itu juga mempunyai keunggulan berupa hasil sortiran biji terpisah dari kotoran secara langsung dan tidak merusak inti benih. Mesin ini juga mudah dalam pengoperasiannya, serta mudah untuk dipindah tempatkan.

Mesin Pemisahan Biji Bawang Merah ini memiliki dimensi 760 x 360 x 1200 mm, dengan tipe extruder. Kapasitas kerja mencapai 20 kg/jam, berat mesin 47 kg, serta menggunakan penggerak motor listrik 1 HP dan jumlah operator cukup 1-3 orang saja. (Wira)

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan