JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Generasi Muda dan Teknologi, Kunci Keberhasilan Pertanian

BOGOR – Balitbangtan kembali menggelar Agro Inovasi Fair untuk mempromosikan hasil inovasi teknologinya kepada masyarakat. Kali ini, Agro Inovasi Fair menyapa warga Bogor di Botani Square mulai 22-26 November 2017 yang lalu.

Mengusung tema “bangkitkan Generasi Muda Tingkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing”, Agro Inovasi Fair kali ini diikuti oleh para pelaku usaha, komunitas, wirausahawan muda serta Toko Tani Indonesia. Selain itu juga diselenggarakan berbagai lomba dan talkshow.

Dalam pameran yang dibuka secara resmi pada Sabtu (25/11) ini Mangga Gadung 21 yang didatangkan langsung dari petani di Pasuruan menjadi primadona, dengan mengularnya antrian pembeli sejak hari pertama pameran dibuka.

Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir saat pembukaan mengatakan bahwa modernisasi pertanian dan keterlibatan generasi muda sangat menentukan kemajuan sektor pertanian. “Kita perlihatkan bahwa pertanian bisa semakin maju dengan modernisasi yang semakin kita giatkan dua tahun terakhir ini. Sudah saatnya kita tidak lagi terfokus hanya pada sumber daya alam yang kita miliki, tapi bagaimana memberikan nilai tambah. Pertanian ini bisa maju kalau generasi muda bisa ikut turun,” sambung Kepala Balitbangtan.

Kepala Balitbangtan kembali menegaskan mengenai percepatan adopsi inovasi Balitbangtan melalui lisensi terbuka, dimana dengan hal tersebut Balitbangtan terbuka untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain di luar pemerintah, termasuk mitra swasta. ““Badan Litbang adalah milik rakyat dan untuk rakyat. Tidak ada lagi yang eksklusif di Badan Litbang. Kini saatnya melakukan perubahan-perubahan sehingga pertanian bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, termasuk generasi muda,” tegas Kepala Balitbangtan.

Acara tersebut juga sekaligus penandatanganan lisensi antara PT. Benindo Perkasa Utama dengan Balitsereal utk varietas jagung hibrida HJ21 dan Bima 19 URI

Dalam pembukaan, diserahkan pula royalti kepada Sembilan inventor Balitbangtan yang hasil penelitian dan perekayasaannya telah dilisensi oleh mitra. Selain itu, Balitbangtan juga menganugerahkan penghargaan khusus inventor berprestasi untuk invensi ekstrak kulit buah manggis GARCIA kepada Ir. Kasma Iswari, M.Si, peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat. (Ybh)

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan