JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Brebes akan Kembangkan Benih Bawang Merah TSS

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES — Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan mengembangkan produksi bawang merah dengan teknologi true shallot seed (TSS). Penggunaan TSS atau biji botani dinilai lebih banyak memberikan keuntungan.

“Kita akan kembangkan sebagai teknologi alternatif dalam teknologi budi daya bawang merah di Brebes,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Budhiarso, dalam keterangan tertulis yang diterima republika.co.id, Rabu (20/9).

Pada umumnya bawang merah diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan umbi sebagai benih. Namun, benih dari umbi ini dinilai tidak tahan lama. Berbeda apabila menggunakan teknologi TSS. “Bibit dari umbi terbatas waktunya dengan masa dormansi tiga bulan. Sedangkan dari biji dapat disimpan lama,” ujar dia.

Awal pekan ini, Budhiarso bersama Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Kementerian Pertanian Catur Hermanto melakukan panen bersama umbi bawang merah TSS. Budhiarso optimistis, penggunaan teknologi TSS dapat menghasilkan bawang merah berkualitas baik dan memberikan keuntungan bagi petani di wilayah salah satu sentra bawang merah itu. Menurut dia, penggunaan TSS juga dapat menekan risiko tanaman bawang merah terkena penyakit. “Dapat memutus mata rantai penyakit dan virus bawaan dari umbi yang sangat rentan pada tanaman sebelumnya,” kata dia.

Dengan begitu, menurut Budhiarso, diharapkan juga turut menekan penggunaan pestisida. Ia menjelaskan, risiko serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) pada bawang merah terbilang tinggi dibandingkan tanaman lainnya. Selama ini, kata dia, petani di Brebes menggunakan pestisida sebagai alternatif terakhir dalam pengendalian OPT.

Namun, penggunaan pestisida yang tidak sesuai dosis atau berlebihan dapat memberikan dampak negatif. Untuk itu, penggunaan teknologi TSS diharapkan menjadi salah satu solusi juga dalam meminimalkan penggunaan pestisida. “Teknologi ini dapat membawa manfaat yang lebih besar dan ekonomi yang lebih baik bagi petani Brebes,” ujar Budhiarso.

Sumber : REPUBLIKA

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan