JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pentingnya Perlindungan Terhadap Kekayaan Intelektual Hortikultura

Puslitbang Hortikultura beserta keempat Balai Penelitian dibawahnya sudah banyak menghasilkan teknologi hortikultura. Sebagai instansi pemerintah sudah selayaknya Puslitbang Hortikultura  menyebarkan invensi teknologi dengan segera dan secara massal, yang semuanya itu bertujuan untuk disebarluaskan dan digunakan untuk memberikan manfaat bagi pengguna, namun akibatnya seringkali invensi tersebut belum didaftarkan untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah. 

Seiring dengan dinamisnya persaingan terhadap kemajuan teknologi baik dari dalam maupun dari luar negeri, perlu adanya pengetahuan dan kesadaran dari peneliti Puslitbang Hortikultura untuk melindungi Kekayaan Intelektualnya (KI). Kekayaan Intelektual merupakan kekayaan atas segala hasil produksi, kecerdasan daya pikir seperti teknologi, pengetahuan, seni dan lain-lain yang berguna untuk manusia. KI dapat diajukan dalam bentuk paten, cipta, PVT, rahasia dagang dan merek. 
Mengingat pentingnya perlindungan terhadap kekayaan intelektual, maka Balitbangtan menyelenggarakan Training and workshop Intelectual Property Right yang diselenggarakan pada tanggal 26 – 30 Agustus 2017 di Bali serta Seminar on Intelectual property Right Management in Support of Agricultural Innovation yang diselenggarakan pada tanggal 4 September 2017 di Bogor. Puslitbang Hortikultura mengirimkan Kabid KSPHP beserta 3 peneliti untuk berpartisipasi  dalam kegiatan tersebut dengan maksud untuk ikut serta mensosialisasikan kesadaran peneliti hortikultura untuk mendaftarkan invensinya, terlebih mendorong untuk menghasilkan invensi yang dapat dikomersialisasikan.


Invensi yang sudah dikomersialisasikan dapat memberikan keuntungan baik untuk instansi maupun untuk inventor. Keuntungan tersebut dapat berupa keuntungan moneter seperti pembayaran royalti, pendanaan untuk penelitian, maupun non moneter berupa kepemilikan bersama terhadap hak-hak kekayaan intelektual yang terkait, serta kolaborasi, kerjasama dan sumbangan dalam program penelitian dan pengembangan ilmiah. Jadi, mari kita tingkatkan kreatifitas untuk menghasilkan invensi yang dapat bermanfaat sekaligus dapat dikomersialisasikan. (Rm)

Sumber : Puslitbang Hortikultura

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan