JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pasta Bawang Merah: Lebih Praktis dan Tahan Lama

Bawang merah merupakan produk hortikultura yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Untuk kebutuhan masak sehari-hari, biasanya ibu rumah tangga membeli bawang merah dalam jumlah banyak yang terkadang tidak semuanya termanfaatkan karena rusak atau busuk pada saat penyimpanan.

Penyimpanan bawang merah adalah hal yang harus dilakukan guna menjaga tercukupinya permintaan bawang merah setiap saat. Waktu, tempat, dan cara menyimpan bawang merah harus diperhatikan karena selama penyimpanan bawang merah masih melakukan metabolisme yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas bawang merah. Beberapa perubahan yang terjadi selama proses penyimpanan bawang merah adalah terjadinya penyusutan bobot, tingkat kekerasan bawang yang menurun, kadar VRS (Volatile Reducing Substance) bawang yang semakin berkurang seiring dengan lamanya penyimpanan, serta bertunasnya umbi bawang merah.

Untuk menghindari kerusakan pada masa penyimpanan dalam skala rumah tangga, bawang merah yang akan dijadikan bahan bumbu sebaiknya diolah menjadi pasta. Dalam bentuk pasta, masa simpan bawang lebih lama, mengurangi volume serta lebih mudah dalam penggunaannya sebagai bumbu masak.

Pasta bawang merupakan produk intermediet yang dapat digunakan langsung sebagai bumbu atau dicampurkan dengan bahan bumbu lainnya. Pengolahan menjadi pasta akan mengurangi masalah defisit bawang merah segar dengan memberikan akses menggunakan bawang olahan pada saat bawang merah harganya mahal.

Dengan mengolah bawang merah menjadi pasta, akan dihasilkan rendemen sekitar 75%, memperpanjang daya simpan bawang merah yaitu sekitar 6 bulan pada suhu refrigerator dan sekitar 1 bulan pada penyimpanan suhu ruang, serta lebih praktis karena dapat langsung digunakan untuk bumbu masak tanpa harus menguleknya terlebih dahulu.

Sumber : BB Pasca Panen

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan