JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gelar Teknologi Lahan Sub Optimal di PENAS XV Aceh

BANDA ACEH – Dalam setiap pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani dan Nelayan yang diselenggarakan tiap 3-4 tahun sekali, penyiapan gelar teknologi selalu mempunyai tantangan tersendiri.
Seperti halnya di Aceh, melihat kondisi lahan, untuk mengolahnya menjadi lahan yang ideal bagi pertanaman menjadi sebuah pekerjaan besar. Tanahnya tergolong suboptimal, terutama karena keterbatasan sumber air dan salinitas yang tinggi. Sebelumnya, tempat tersebut merupakan lahan terlantar yang ditanami belukar dan beberapa tanaman tahunan.
Namun, perlahan hal ini mulai dapat diatasi dengan kerjasama antar seluruh pihak yang terlibat. Penataan infrastruktur berupa jalan, saluran air, embung dikerjakan sebelum penataan tanaman. Setelah petak-petak bisa ditanami, pekerjaan penanaman dilakukan.
Gubernur Aceh Zaini Abdullah turut memantau perkembangan persiapan ini dengan beberapa kali meninjau lokasi acara serta fasilitas bagi peserta PENAS. “Berdasarkan hasil peninjauan saya selama ini, saya sudah cukup puas dengan persiapan yang telah kita lakukan untuk acara akbar ini. Setiap hari selalu ada perkembangan yang mengejutkan,” jelas Gubernur.
Meski gelaran PENAS baru akan dilaksanakan pada 6-11 Mei 2017, saat ini lahan gelar teknologi sudah mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat yang tertarik dengan berbagai tanaman atau teknologi yang ditampilkan.
Ada delapan kluster teknologi yang ditampilkan, yaitu Tanaman Pangan; Peternakan; Hortikultura; Perkebunan; Agroforestry; Sarana Produksi; Bioteknologi; serta Kelautan dan Perikanan. Padi unggulan, jagung, kedelai dan kacang hijau tampak subur di kluster Tanaman Pangan.
Beragam sayuran dan buah ditampilkan di kluster Hortikultura. Kluster Perkebunan menampilkan tebu, kopi, kakao dan tanaman lain. Sedangkan di lokasi lain menampilkan komoditas sesuai klusternya masing-masing.
Penataan kawasan gelar teknologi tidak hanya pada tanaman saja, tetapi juga fasilitas penunjang lain seperti papan informasi, papan nama komoditas serta saung yang dibangun untuk kenyamanan pengunjung. (ybh/ifm)

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan