JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Workshop Dukungan Inovasi Dalam Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura

Mengusung tema “dukungan inovasi dalam pengembangan kawasan agribisnis hortikultura”, telah diselenggarakan workshop di Banana Inn Hotel, Bandung pada 24 – 26 April 2017. Tujuan dari workshop adalah untuk menyatukan persepsi dalam kegiatan dukungan pengembangan kawasan agribisnis hortikultura tahun 2017. Workshop diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari Penjab PKAH dari 32 BPTP, tim PKAH BBP2TP dan Puslitbanghorti, serta perwakilan dari Dinas Pertanian (Sukabumi, Ciamis dan Pemprov Jabar). Adapun pembicara yang dihadirkan yaitu Sesditjenhortikultura, Kepala BBP2TP, Kepala BPTP Balitbangtan (Jatim, DIY dan Kalbar), Prof Budi Marwoto, Dr. Idha Widi Arsanti, Ir. Rahmat Hendayana, MS dan peneliti cabai dan bawang merah dari Balitsa.
Workshop diawali dengan sambutan dari Plh Kapuslitbang Hortikultura yang menekankan bahwa kegiatan DPKAH sudah menghasilkan beberapa model pengembangan kawasan hortikultura di beberapa lokasi, yaitu pada tahun 2013, telah dihasilkan model pengembangan kawasan mangga di Kab. Cirebon, tahun 2014 telah dihasilkan model pengembangan kawasan agribisnis jeruk SoE di NTT, tahun 2015 dihasilkan model pengembangan kawasan agribisnis florikultura, pada tahun 2016 dihasilkan model pengembangan kawasan agribisnis cabai merah, untuk model pengembangan kawasan agribisnis jeruk akan dihasilkan pada tahun 2017, dan model pengembangan kawasan agribisnis salak Sari Intan di Bintan untuk tahun 2018.
Workshop ini penting diselenggarakan untuk mensinergikan langkah dalam mengawal dan mendampingi kegiatan pengembangan kawasan agribisnis hortikultura dalam rangka memperderas arus inovasi pertanian kepada masyarakat. Workshop tersebut sekaligus menjadi momen penting untuk merumuskan komitmen stakeholder dalam dukungan pendampingan pengembangan kawasan hortikultura, khususnya dalam menyikapi pencanangan tahun 2018 sebagai tahun benih yang mengandung konsekuensi terjadinya perubahan konstelasi pelaksanaan pengembangan komoditas hortikultura. Ditetapkannya komoditas prioritas oleh Ditjen horti perlu ditindaklanjuti secara strategis melalui pemberdayaan potensi litbang dan kemitraan swasata. Peluang dan tantangan ini perlu dijabarkan oleh Balitbangtan dengan membuat skenario teknis yang matang, mulai dari pemetaan lokasi dan pelatihan penyediaan benih. Secara kelembagaan perlu dibuat suatu juknis yang mensinergi, mengkoordinasi dan mendelianeasi tugas dr masing masing institusi yang terlibat melalui konsorsium benih yang melibatkan Balitbangtan, Ditjen horti dan institusi terkait lainnya.

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan