JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gelaran Teknologi Pertanian Siap Tampil di HPS Boyolali

Hari pangan sedunia (HPS) ke-36 akan diadakan di Boyolali, 28 – 30 Oktober 2016 mendatang. Berbagai rangkaian kegiatan meramaikan acara tersebut. Salah satunya gelar teknologi (Geltek) inovasi pertanian.

Geltek bertujuan mendiseminasi hasil-hasil penelitian/ pengkajian bidang pertanian, kelautan dan perikanan secara langsung kepada pengguna dan masyarakat. Hal itu agar mereka dapat mengaplikasikan inovasi teknologi dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan percepatan perbaikan gizi masyarakat.

Tahun ini, gelaran dikelompokkan ke dalam lima kluster yaitu Teknologi Unggulan Tanaman Pangan, Teknologi Unggulan Tanaman Perkebunan, Teknologi Unggulan Peternakan, Teknologi Unggulan Tanaman hortikultura.

Di kluster tanaman pangan ada jagung, kedelai, sorgum, aneka kacang dan umbi, dan lainnya. Pada kluster perkebunan ada varietas tebu, tanaman biofarmaka, juga teknologi penanaman tanaman sela di antara tanaman tebu dengan tanaman pangan (kedelai tahan naungan).

Kluster peternakan menampilkan antara lain sapi Brangus sragen, sapi PO Kebumen, kambing kejobong, kambing Peranakan Etawa, dan lainnya. Selain itu, ada varietas unggul tanaman pakan ternak, tanaman pakan ternak spesifik lokasi, serta teknologi budidaya dan pemanfaatan hijauan pakan ternak. Teknologi pengelolaan dan pengolahan limbah ternak menjadi energi (biogas), biourine, biopestisida, dan pupuk organik juga siap tampil.

Varietas unggul bawang merah off season yang dapat ditanam pada musim hujan, pepaya merah delima, serta cabai merah dan cabai keriting akan memeriahkan kluster hortikultura. Teknologi budidaya hortikultura intensif di lahan sempit turut hadir. Seperti walkaponik, hidroponik, dan wall garden, juga pengolahan limbah tanaman sayuran untuk kompos dan pestisida nabati.

Selain kluster komoditas, terdapat pula saung inovasi yang akan menampilkan displai produk, klinik agribisnis, dan pelatihan.

Teknologi yang digelar diharapkan dapat diadopsi oleh para petani di sekitarnya dan dicontoh oleh para petani dan penyuluh yang akan hadir dari seluruh Indonesia. Keberagaman komoditi yang ditampilkan pada area geltek secara khusus untuk mempromosikan berbagai pilihan komoditi bagi petani yang dapat dikembangkan.

Selain Kementerian Pertanian, perhelatan ini juga diramaikan oleh kementerian serta lembaga lainnya, swasta, BUMN, pemerintah daerah, dan masyarakat umum.

Ingin melihat dan mengetahui dengan lebih dekat? Datang dan kunjungi Hari Pangan Sedunia Indonesia di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Boyolali, Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan