JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pagar Alam, Menuju Mandiri Benih Kentang

Pagar Alam Menuju Mandiri Benih Kentang

Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki banyak sekali keindahan alam di antaranya adalah gunung Dempo. Tak hanya gunung Dempo yang menjadi daya tarik di kota Pagar Alam ini, namun potensi pertanian dan perkebunannya sangat melimpah.

Selain kopi, saat ini kota Pagar Alam juga mengembangkan hasil pertanian lainnya yaitu kentang. Varietas kentang yang dikembangkan adalah kentang varietas Granola (kentang sayur) dan Medians (kentang untuk kripik) yang memang dinilai cocok ditanam pada kondisi tanah di Pagar Alam sehingga menghasilkan produksi kentang yang siap bersaing di pasaran.

Selama ini para petani mendapatkan benih dari daerah lain dengan cara membeli. Namun sejak adanya kerjasama dengan Balitbangtan, Kelompok Tani mampu membuat sendiri benih kentang yang akan mereka tanam.

Di dusun Tanjung Keling, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara memang layak jadi sentra bibit kentang karena sudah menghasilkan G0 kentang Granola dan G2 kentang Medians.

Pemerintah Kota Pagar Alam dalam lima tahun ke depan menargetkan dapat mandiri benih kentang. Dengan mandiri benih, pemerintah mengaharapkan petani yang ingin mendapatkan kentang berkualitas tidak perlu lagi membeli ke Pengalengan, Jawa barat tetapi dapat membeli di sentra benih di Pagar Alam sehingga petani dapat menghemat biaya benih sekitar 15.000 – 20.000 ribu rupiah/kg.

Informasi lebih lanjut : Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan