JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Inovasi Pascapanen Mengatasi Fluktuasi Ketersediaan Bawang Merah

Inovasi Pascapanen Mengatasi Fluktuasi Ketersediaan Bawang Merah

Bawang merah merupakan komoditas strategis yang ketersediaan dan harganya sangat berpengaruh terhadap psikologis masyarakat. Padahal, bawang merah bukan merupakan makanan pokok melainkan bumbu masak sehingga kebutuhannya dalam konsumsi makanan sehari-hari tidak besar seperti halnya beras.

Namun, pasokannya sangat berpengaruh terhadap stabilitas harga di pasaran bahkan berpengaruh terhadap inflasi. Oleh karena itu, stabilitas pasokan bawang merah sepanjang tahun khususnya pada saat menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri menjadi faktor penting.

Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pasca Panen) sebagai salah satu unit kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang memiliki tugas dan fungsi melakukan penelitian dan pengembangan penanganan serta pengolahan hasil pertanian telah menghasilkan beberapa inovasi sebagai alternatif pemecahan masalah stabilitas pasokan bawang merah.

Beberapa inovasi tersebut antara lain inovasi in-store drying, penanganan pascapanen bawang merah, aplikasi pupuk organik untuk pertumbuhan bawang yang lebih baik, produk bawang minimal proses, dan lainnya.

Inovasi in-store drying, sebuah teknologi yang membuat bawang merah bisa tahan hingga 6 bulan penyimpanan tanpa penurunan kualitas yang berarti. Saat ini inovasi In-store drying sudah diadopsi di beberapa sentra produksi bawang merah seperti Brebes, Tegal, Palangkaraya dan beberapa daerah lainnya.

Inovasi produk bawang minimal proses, dimaksudkan untuk menyediakan produk bawang segar, bawang iris dan pasta bawang yang diawetkan menggunakan larutan garam dan asam serta dikemas dalam kemasan steril sehingga umur simpannya bisa hingga satu tahun.

Penggunaan produk bawang terolah minimal ini juga sangat praktis karena bisa langsung diaplikasikan pada produk pangan seperti bawang utuh dapat digunakan untuk acar atau juga bisa diiris atau diulek.

Bawang iris dapat digunakan untuk bawang goreng atau menumis sayuran. Pasta bawang dapat digunakan sebagai bumbu masak tinggal mencampurkan dengan bumbu lainnya.

Inovasi produk olahan bawang sangat beragam, mulai dari yang paling sederhana yaitu bawang goreng, tepung bawang, minyak bawang, saos bawang atau olahan lebih lanjut seperti bahan aktif yang diperoleh dari ekstraksi bawang merah, perisa alami, dan pewarna alami dari kulit bawang. Bahan aktif ini dapat digunakan dalam bidang kesehatan ataupun sebagai bahan pengawet antimikroba.

Informasi lebih lanjut : Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan