JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pekan Lingkungan Indonesia: Tidak Sekedar Dipamerkan Tapi Juga Harus Dilaksanakan

Pekan Lingkungan Indonesia Tidak Sekedar Dipamerkan Tapi Juga Harus DilaksanakanJAKARTA – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) berpartisipasi dalam Pekan Lingkungan Indonesia, sebuah ekspo yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni yang digelar di Jakarta Convention Center pada 9-12 Juni 2016 dengan tema ‘Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan’.

Dalam ekspo yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Kamis (9/6/2016), Balitbangtan menampilkan berbagai hasil penelitian dan kajian dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di bidang pertanian seperti teknologi eksplorasi dan optimalisasi sumberdaya air di lahan kering. Selain itu, teknik pengelolaan air menghadapi mitigasi kekeringan, perangkat uji tanah, biofertilizer, bionutrient, dan biodekomposer.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menekankan pentingnya sistem hukum yang tegas dan efektif, khususnya penegakan hukum lingkungan terkait pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan disamping perlunya mensosialisasikan pentingnya lingkungan hidup kepada masyarakat.

“Kesadaran bisa efektif kalau ada hukum jelas. Maka koordinasi seluruh pihak baik antar masyarakat, perusahaan, pemerintah, LSM patut dioptimalkan,” ujar Wapres.

Wapres menambahkan, berbicara tentang masa depan, tidak hanya membicarakan soal hutan saja tetapi juga harus memperhatikan tiga aspek pada abad 21 yaitu teknologi, lingkungan, dan hak asasi manusia.

“Pameran ini tidak hanya berisi tentang hal-hal yang sekedar dipamerkan saja, tetapi juga harus dilaksanakan dan diawasi untuk kepentingan lingkungan hidup,” tambah Jusuf Kalla.

Selain pameran yang diikuti lebih dari 267 peserta dari lembaga pemerintah, swasta hingga LSM lingkungan hidup, dalam acara ini juga dimeriahkan dengan seminar dan talk show terkait isu lingkungan hidup, lomba insinyur cilik, uji emisi dan festival musik.

 

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

faviconsertifikasi

BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413
Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia
Telp: 022 - 2786245
Fax: 022 - 2789951, 2787676

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id

Resep Masakan Resep Masakan