Jumat 8 Januari 2021 Kebun IP2TP (Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian) Serpong Balitsa, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian dalam salah satu tupoksi kebun sebagai kebun Agroeduwisata, telah dilaksanakan kegiatan program Urban farming yang bertujuan untuk meningkatkan usaha tani warga perkotaan. Salah satunya melalui kegiatan kelompok tani (Poktan) Berkah Tani Cisauk yang merupakan warga masyarakat perumahan yang mempunyai kesamaan visi dan misi dalam pengembangan usaha tani perkotaan atau yang di sebut dengan konsep Agropolitan. Awal berdirinya poktan ini adalah dimulai bulan November 2020 dengan menggunakan lahan kebun IP2TP Serpong Balitsa dengan sistem Kontrak Kerjasama Operasional antara Pihak Kebun IP2TP Serpong dan Poktan Berkah Tani Cisauk yang bersifat usaha tani dengan sistem menyewa lahan kebun yang dapat digunakan sebagai sumber PNBP kebun yang selanjutnya dana sewa lahan tersebut di setorkan ke kas Negara. Lahan kebun yang digunakan adalah lahan yang tidak produktif untuk kegiatan penelitian dan produksi tanaman kebun, yang bertujuan agar lahan tersebut dapat termanfaatkan dan terpelihara dengan baik. Kontrak KSO disertai juga dengan proses bimbingan usaha taninya oleh pihak Kebun IP2TP Serpong baik dari sisi keilmuan dan teknologi pertanian tanaman sayuran Balitsa.

 Sedikit bercerita tentang Kelompok Tani Berkah Tani ini adalah berdiri karena kondisi pandemi dikarnakan ada waktu luang yang harus dimanfaatkan dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu dengan bertani untuk menguatkan ketahanan pangan keluarga dan untuk kesehatan diri sendiri karna tubuh tergerakan dan menyegarkan pikiran dengan melihat hijaunya tanaman, serta untuk mencari penghasilan tambahan. Kelompok Tani Berkah Tani ini beranggotakan 9 orang sebagian besar para pengajar/Guru dan karyawan yang cinta bertani bukan dari petani lapangan asli dan dibimbing oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang di wakili oleh Kepala Kebun IP2TP Serpong Widi Wiratmoko, SP. dan Mandor kebun M. Taslim,

 Hasil dari bertani ini langsung dijual kepada warga sekitar yang dipasarkan melalui WA grup dan sejauh ini antusias dari warga sangat bagus dan lebih suka dengan sayur organik dan masih sangat berpotensi untuk menjual sayur organik , kedepannya akan menjual produk sayuran ini ke supermarket.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan lebih luas sayuran organik yang lebih sehat dibanding dengan sayur non organik dan nantinya sebagai Agro Edu Wisata yang bisa dikunjungi oleh siapapun yang ingin belajar tentang sayuran.

 Bermula dari postingan medsos kelompok tani Berkah Tani tentang kegiatan budidaya sayuran organik dan dilihat oleh tim dari DAAI TV maka hari ini kebun IP2TP Serpong Balitsa kedatangan liputan dari DAAI TV , saluran TV lokal Jakarta karena mempunyai program Bumiku Satu tentang lingkungan sehat untuk meliput kegiatan yang sedang dikerjakan oleh Kelompok Tani Berkah Tani

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us