Mentan Syahrul Yasin Limpo Kunjungi fasilitas Pascapanen TSP Jeruk
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meresmikan Taman Sains Pertanian Jeruk (TSP Jeruk) di Kota Batu, Jawa Timur pada Jum’at 14 Agustus 2020. TSP Jeruk Balitjestro hadir untuk mempercepat hilirisasi produk dan hasil penelitian Balitbangtan, khususnya untuk komoditas jeruk dan buah subtropika.
Menurut Mentan, sektor pertanian menjadi andalan di saat sektor yang lain terkena dampak Covid-19. Hal ini karena pertanian menjadi kebutuhan sehari-hari dan petani terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Dalam salah satu sesi peresmian TSP Jeruk, Mentan Syahrul Yasin Limpo berkesempatan meninjau satu dari 3 kegiatan utama TSP Jeruk yaitu Pascapanen.
Berbagai produk pascapanen TSP Jeruk yang siap edar yaitu Jestrofreh, JestroCare, Jestro Hand Gel Sanitizer, Jestro Wingko Jeruk, Jestro Yogurt, Jestro Manisan Jeruk, Jestro Minuman Serbuk Jeruk, Jestro clean, Jestro Soap, Jestro Aroma Terapi, Jestro Keripik, Jestro Selai, Jestro Marmalade, dll. Untuk minuman cair masih dalam proses pengajuan ijin edar Badan POM, sedangkan 11 produk kering telah mendapatkan ijin edar PIRT. Semua produk TSP Jeruk Pascapanen diproduksi oleh KPRI Citrus.
“Industri dalam negeri harus jalan dengan produk lokal, produk petani Indonesia. Inilah momentum dimana kita tidak perlu bergantung lagi pada produk impor.” Katanya.
Mentan meninjau langsung proses produksi Jestrofresh, dimana konsep yang dibangun memang berskala UKM sehingga mudah untuk direplikasi oleh petani. Saat panen raya, banyak petani mengalami kerugian karena harga jatuh, dengan diolah menjadi minuman, nilai tambah yang didapat petani bisa dipertahankan tetap tinggi.
Peneliti pascapanen Balitjestro, Imroah Ikarini menjelaskan mengenai bahan yang digunakan dan mengapa jeruk yang diperas tidak pahit. Hal itu karena dari sekian banyak varietas, ada varietas tertentu yang memang cocok untuk diproses sebagai minuman dan ada yang lebih cocok diproses untuk olahan lain. “Eksplorasi mana varietas yang sesuai inilah yang selama ini terus diteliti dan ditingkatkan fungsinya,” Imbuhnya.
Karena penasaran dengan rasa wingko jeruknya yang enak, Mentan pun turut mencoba langsung membuat wingko jeruk. Yang membuat rasa enak memang marmalade jeruk yang berasal dari kulit jeruk. Semua bagian jeruk dapat diolah dan bermanfaat.
 
Foto: Balitbangtan Agroinovasi Balitbangtan Kementan
Sumber berita : Balitjestro
favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us